Posted by: pasnine | April 11, 2011

Pengibaran 17-08-2010 SMAN 9 Tangerang

Alhamdulillah selesai juga tugas saya sebagai ketua pelaksana pengibaran 17 agustus-an tahun ini,tapi tugas saya sebagai seorang senior belum sepenuhnya selesai karena masih banyak event lain yang menunggu di depan. Sebagai contoh LBB kota, LBB 94, LBB 7, dan LBB lainnya. Tapi inti dari postingan kali ini bukan itu.

Pada tulisan kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang asrama pengibaran di SMA 9 yang diadakan selama tiga hari berturut-turut yang di laksanakan dari tanggal 15 – 17 Agustus 2010. ok langsung aja :)

15 Agustus 2010….
Pada hari pertama asrama, capas pada dateng jam 9, itu off schedule banget dari jam yang udah di jadwalkan yaitu jam 7 pagi, yaudah akhirnya banyak jam acara yang di majuin kayak latihan pengukuhan yang harusnya 1 jam sebelum buka, eh malah sampe jam 6 teng kita latihan pengukuhan. ditambah lagi para panitia juga musti puter otak karena begitu banyaknya jam yang di majuin kita (panitia) jadi ga sempet beli bahan makanan buat buka puasa tapi alhamdulillah buka puasa dengan menu dan sayur yang di bawa oleh capas habis gak kesisa pada waktu itu :) (mungkin pada laper kali yak, kelamaan laihan buat pengukuhan :)). yaudah akhirnya setelah selesai berbuka puasa kita langsung sholat isya setelah itu baru persiapan pengukuhan + Gladi pengukuhan abis itu pada makan + istirahat beberapa jam. Dan barulah pada pukul 21.30 seluruh Pasukan Pengibar Bendera UPTD SMAN 9 TANGERANG di kukuhkan, acara pengukuhan pada waktu itu berjalan dengan khidmat sampe katanya capas ada yang nangis lo saat lagu syukur dinyanyikan :) hehe…
Dan tepat pukul 23.30 acara pengukuhan selesai, alhamdulillah acara berjalan lancar semua tanpa suatu kendala apapun pada hari itu. 15 menit setelah pengukuhan capas di suruh istirahat oleh senior dan berakhirlah hari asrama pada hari minggu 15 Agustus 2010.

16 Agustus 2010
Jam 3 pagi capas pada di bangunin buat sahur sekalian pada cuci muka + beres – beres ruangan karena pas pagi harinya ruangan yang dipake buat asrama itu mau di pake oleh pihak sekolah untuk kegiatan belajar, Setelah sahur dan sholat subuh berjemaah dan 3 jam berbenah untuk pindah ke tempat sementara yang dijadikan base camp untk ngumpulin peralatan asrama kayak kompor, gas, dan peralatan dapur lainnya, kita langsung apel pagi dan senam sementara panitia yang laen mengurus surat dan berkas yang di butuhkan selama asrama berlangsung. dan akhirnya semua yang terlibat dalam asrama pada hari itu beres-beres lagi buat mindahin peralatan dapur ke perpustakaan yang emang udah kita pinjem dari jauh-jauh hari, setelah itu seluruh panitia istirahat selama beberapa jam tepatnya sampai pukul 12.00 capas di bangunin untuk sholat dzuhur setelah itu capas di bolehkan istirahat sampai jam 14.30 sementara para panitia sibuk mempersiapkan lapangan untuk gladi resik sekalian ngetrek.setelah gladi bersih yang benar-benar menguras tenaga, akhirnya capas di bawa ke masjid Ar-rahman untuk sholat ashar. sedangkan panitia yang lain mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Setelah berbuka dan sholat maghrib ditambah tadarusan akhirnya para capas di berikan hiburan, yaitu menyaksikan video pengibaran angkatan 2010 di laptop punya bang cecep acara ini dilakukan setelah capas dan para senior lainnya selesai sholat isya. pukul 21.50 capas istirahat dan pukul 02.10 dibangunkan untuk malam pelipatan bendera hal ini dilakukan untuk membuat yakin pasukan bahwa bendera yang akan dikibarkan nanti adalah hasil lipatan seluruh pasukan yang di wakilkan oleh pasukan 3. Pelipatan bendera dilakukan sebanyak 3 kali agar membuat pasukan benar-benar yakin bahwa sang Merah Putih dalam posisi yang benar.

17 Agustus 2010
Setelah malam pelipatan selesai panitia langsung mengumpulkan para capas di satu ruangan untuk berbuka puasa bersama dengan para senior lainnya, dan pada pukul 04.00 pagi semua orang yang masuk pasukan langsung mandi dan mempersiapkan diri untuk pengibaran jam 07.00, Pukul 06.30 siswa dan guru UPTD SMAN 9 Tangerang berdatangan mereka juga melakukan persiapan untuk upacara 17 Agustusan. Dan pada pukul 07.00 upacara di mulai, protokol pun di bacakan dan upacara berlangsung khidmat, barulah sekitar pukul 07.25 PASKIBRA mulai beraksi saat yang di nantikan pun tiba pasukan 8 yang terdiri dari angkatan 29 dan 210 mengawali masuknya pasukan 17 yang terdiri dari angkatan 211 yag di bantu senior angkatan 29. seluruh orang yang mengikuti upacara pada hari itu terdiam sekaligus tegang menunggu dikibarkannya sang merah putih. setelah donton 17 melapor dan baki 1 dari pasukan 8 mengambil bendera, akhirnya giliran pasukan 3 beraksi. pasukan 3 yang terdiri dari Bang Adhi ang. 2010, Bang Rendy ang. 2009, dan Bang Cecep ang.2010 langsung menuju tiang bendera setelah proses buka formasi selesai. setelah baki 1 menyerahkan bendera ke baki 2 proses penaikkan bendera pun di mulai, ketegangan makin memuncak ketika Bang Cecep menarik bendera untuk dibentangkan. setelah bendera sukses di bentangkan bendera pun di naikkan, Bang Adhi sebagai pengerek menaikkan bendera secara perlahan agar sesuai dengan lagu kebangsaan. Setelah bendera di naikkan dan seluruh pasukan kembali ke posisi DP, semua pasukan di beri selamat oleh alumni PASKIBRA dan para guru. setelah semua acara itu selesai tepatnya pada pukul 08.45 seluruh pasukan berganti pakaian sekalian menyaksikan pengibaran 17 Agsutusan di istana negara melalui televisi. Dan pada pukul 12.30 siang bendera diturunkan karena hujan dan tak lama setelah itu Apel siang pun dilaksanakan dan capas di perbolehkan pulang. setelah hari yang melelahkan pada tanggal 17 agsutus itu saya yakin semua yang masuk pasukan mau yang angkatan 2009, 2010. atau 2011 pasti punya pengalaman yang mengesankan selama asrama dan saya harap kedapannya angkatan 2011 makin bertambah, amien…. :)

itulah sekelumit cerita Asrama dari tanggal 15 – 17 Agustus 2010 yang saya alami sebagai ketua panitia sekaligus sebagai pengerek di pasukan inti yaitu pasukan 3. semoga apa yang saya dan kawan saya yang lainnya lakukan bermanfaat bagi adik” junior saya kedepannya nanti.

Sekian postingan saya kali ini, tunggu postingan selanjutnya tentang kegiatan ke-PASKIBRA-an di SMAN 9 selanjutnya:)

source: HeliostreetCrEW(Adhi 2010)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: